Tupoksi








NAMA
:
DYAH AYU PUSPITA, SKM., M.Kes.
NIP
:
19760206 200121 2 012
JABATAN
:
KEPALA PUSKESMAS
FUNGSI POKOK
:
Memimpin Puskesmas dalam menjalankan Fungsi Puskesmas sesuai dengan azas penyelenggaraan Puskesmas dan melaksanakan sebagian kegiatan teknis Dinas.
TUGAS POKOK
:
1
Mengkoordinir penyusunan perencanaan tingkat Pukesmas


2
Merumuskan kebijakan oprasional dalam bidang pelayanan kesehatan dalam Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)


2
Membagi dan memberikan tugas kepada staf sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan organisasi


3
Membagi dan memberikan tugas kepada staf sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan organisasi


4
Memimpin urusan Tata Usaha, Unit-Unit Pelayanan, Puskesmas Pembantu, Polindes dan Ponkesdes dalam menyelenggarakan pelyanan kesehatan masyarakat agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan


5
Melaksanakan fungsi manajemen (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan) dalam urusan ketatausahaan, program,  UKP dan UKM di Puskesmas


6
Memberikan petunjuk, arahan dan bimbingan teknis kepada semua staf dalam pelaksanaan tugas


8
Melaksanakan konsolidasi dan desiminasi informasi kepada semua staf di Puskesmas


9
Menerima laporan sebagai bahan evaluasi program / kegiatan dari semua staf


10
Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan realisasi program kerja sebagai bahan dalam menyusun program kerja berikutnya


11
Mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kondusif dengan budaya kerja yang mendukung


12
Membina dan menjaga koordinasi dari semua staf, ruangan dan program di Puskesmas dan Jaringannya


13
Mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kondusif dengan budaya kerja yang mendukung


14
Menilai Prestasi kerja setiap staf sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier


15
Melaksanakan koordinasi dan menjalin kerja sama  lintas sektor


16
Melaporkan Pelaksanaan kegiatan di Puskesmas kepada Kepala Dinas


17
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan di Puskesmas kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris Dinas
TUGAS INTEGRASI
:
1
Menghadiri undangan pertemuan di desa dan kecamatan


2
Monitoring UKBM


2
Anjangsana di wilayah kerja Puskesmas


4
Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan





NAMA
:
dr. LUKI HANIFA
NIP
:
19681111 200212 2 010
JABATAN
:
DOKTER UMUM
FUNGSI POKOK
:

TUGAS POKOK
:
1
Melakukan pemeriksaan dan pengobatan penderita


2
Melaksanakan pelayanan kesehatan di Puskesmas secara kolaborasi sesuai dengan kondisi pasien


3
Melakukan tindakan medis


4
Memberikan pelayanan rujukan


5
Menerima konsultasi tentang pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien dan keluarga pasien


6
Memberikan pelayanan surat-surat yang berhubungan dengan hasil pemeriksaan kesehatan


7
Membina pengelolaan yang berkaitan dengan obat-obatan (Farmasi) Puskesmas


8
Mengkoordinir pelayanan kesehatan yang dilaksanakan


9
Berkoordinasi lintas program, lintas sektor


10
Menghadiri pertemuan atau rapat terkait dengan pelayanan kesehatan


11
Meningkatkan upaya kesehatan di lingkungan sekolah dengan penyuluhan, pembinaan kader UKS


12
Melaksanakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) di posyandu balita, lansia dan kelompok masyarakat
TUGAS INTEGRASI
:
1
Melaksanakan tugas kedinasan lain


2
Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja Puskesmas


3
Melaksanakan tugas sebagai Komite Mutu Puskesmas


4
Bersama-sama dengan Kepala Puskesmas melaksanakan fungsi managemen Puskesmas


5
Bertanggungjawab dan melaporkan kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan kepada Kepala Puskesmas


6
Mengikuti seminar profesi atau kursus atau pelatihan dalam rangka peningkatan mutu SDM




NAMA
:
KAYATIN
NIP
:
19630525 198703 2 012
JABATAN
:
BENDAHARA PENERIMA PEMBANTU
FUNGSI POKOK
:
Membantu Kepala Puskesmas dalam menyelenggarakan atau mengelola keuangan Puskesmas
TUGAS POKOK
:
1
Mencatat arus penerimaan dan pengeluaran keuangan Puskesmas dalam buku kas umum


2
Mendokumentasikan rincian penerimaan dan pengeluaran keuangan dalam buku kas Bantu


3
Mendistribusikan penerimaan keuangan dalam buku kas umum


4
Menerima dan mencatat hasil penerimaan retribusi dari unit-unit pelayanan Puskesmas dan bidan desa


5
Menyetorkan hasil penerimaan retribusi Puskesmas kepada bendahara Kabupaten atau Dinas Kesehatan Kabupaten


6
Merekap dan mendokumentasikan laporan bulanan penerimaan dan pengeluaran retribusi Puskesmas


7
Membuat laporan waskat terhadap arus keuangan Puskesmas tiap tribulan


8
Menghadiri pertemuan


9
Melaporkan admnistrasi keuangan kepada Kepala Puskesmas secara rutin
TUGAS INTEGRASI
:
1
Membantu menghitung obat untuk didistribusikan dari Gudang obat Puskesmas


2
Membantu pengambilan obat di Ruang obat Puskesmas


3
Membantu menyiapkan kebutuhan konsumsi rapat dan tamu


NAMA
:
MASRURI
NIP
:
19780214 200801 1 009
JABATAN
:
BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU PUSKESMAS
FUNGSI POKOK
:
Membantu Kepala Puskesmas mendistribusikan dan mendokumentasikan pengeluaran keuangan Puskesmas untuk penunjang kegiatan Operasional
TUGAS POKOK
:
1
Mendata semua kebutuhan operasional ke semua unit dan Ruangan di Puskesmas


2
Bersama Kepala Puskesmas dan Tim manajemen serta Dokter Puskesmas membuat perencanaan anggaran kebutuhan dana Operasional di puskesmas


3
Merekap dan mendokumentsikan semua kebutuhan operasional puskesmas dalam buku bantu


4
Membuat laporan pengajuan pembayaran langsung sesuai dengan kebutuhan belanja operasional di puskesmas


5
Menerima dan mendokumentasikan Penerimaan dana operasional puskesmas dalam Buku Kas Umum dan Buku Bantu


6
Mendistribusikan dan mendokumentasikan pengeluaran operasional puskesmas dalam Buku Kas Umum dan Buku Bantu


7
Membuat SPJ atas realisasi belanja kebutuhan operasional puskesmas


8
Membuat dan mendokumentasikan laporan bulanan atas Penggunaan dana operasional puskesmas ke dalam Buku Kas Umum


9
Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan operasional Puskesmas setiap bulan ke Dinas Kesehatan


10
Menyelesaikan administrasi pajak terkait dengan dana oprasional Puskesmas di Kantor Pajak


11
Bersama Kepala Puskesmas memonitoring dan mengevaluasi kebutuhan operasional Puskesmas


12
Melaporkan admnistrasi keuangan kepada Kepala Puskesmas secara rutin
TUGAS INTEGRASI
:
1
Membuat Daftar hadir Setiap rapat staf Puskesmas


2
Belanja kebutuhan operasional Puskesmas sesuai dengan kebutuhan unit dan program


NAMA
:
ANA WIJAYANTI
NIPTT.
:
13.4.047.5052
JABATAN
:
BIDAN DESA SUKOSARI
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan kegiatan KIA, KB di desa binaan wilayah kerja Puskesmas Sukosari
TUGAS POKOK
:
1
Melaksanakan ANC di Polindes Desa Sukosari


2
Melaksanakan kunjungan rumah ibu hamil di desa binaan


3
Menolong persalinan di desa binaan


4
Kunjungan rumah ibu hamil risti, ibu nifas, dan neonatal


5
Mendeteksi dan merujuk bumil dan bayi resiko tinggi


6
Melaksanakan posyandu


7
Melakukan imunisasi


8
Menyampaikan penyuluhan kesehatan dalam bidang KIA/KB


9
Memberikan pelayanan KB


10
Melaksanakan deteksi dini anak Balita dan Apras


11
Melaksanakan PKD dan mengembangkan UKBM di desa binaan


12
Memberi layanan akseptor alat KB invasif (AKDR dan AKBK)


13
Merujuk kasus KIA, KB risiko tinggi, ibu bersalin risiko tinggi


14
Otopsi verbal kematian ibu hamil, ibu bersalin, bayi dan balita


15
Pencatatan dan pelaporan
TUGAS INTEGRASI
:
1
Melakukan koordinasi lintas program terhadap kasus KLB di desa binaan


2
Menghadiri rapat


3
Membuat laporan bulanan


4
Memberikan penyuluhan gizi pada bayi dan balita










NAMA
:
CHOLIK MASHURI
NIP
:
19690628 201001 1 002
JABATAN
:
BENDAHARA JAMKESMAS
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan pengelolaan dana Jamkesmas
TUGAS POKOK
:
1
Menerima dan mendokumentasikan penerimaan keuangan dari sumber dana dalam buku kas umum dan buku bantu


2
Menginventarisasi kegiatan yang dapat dibiayai oleh dana Jamkesmas



a
Merumuskan dalam bentuk POA bulanan



b
Mengirim, mengkonsultasikan, dan mengajukan pengesahan ke Dinkes tingkat dua



c
Mengkonsultasikan  dan mengajukan pengesahan ke kepala Puskesmas


3
Mendistribusikan dan mendokumentasikan pengeluaran keuangan Puskesmas dalam buku kas dan buku Bantu


4
Mencetak dan menyiapkan blangko-blangko rekapitulasi dan blangko-blangko rekapirulasi


5
Mendistribusikan blangko rekapitulasi dan blangko laporan



Menerima dan merekap biaya retribusi pasien jamkesmas dalam bentuk catatan harian



Mengajukan pengesahan ke kepala Puskesmas



Mengirim ke Dinkes tingkat II untuk diverifikasi dan disahkan


6
Merekapitulasi Biaya Persalinan Normal Pasien Jamkesmas



Menerima dan memeriksa persyaratan persalinan normal pasien jamkesmas



Merekap biaya yang dikeluarkan untuk persalinan normal pasien jamkesmas



Membuat kwitansi pengeluaran dan mengajukan pengesahan ke Kepala Puskesmas


7
Menyusun laporan kegiatan dan merekap dalam bentuk:



Laporan realisasi kegiatan



Laporan keuangan



Laporan 10 penyakit



Mengajukan pengesahan ke kepala Puskesmas



Mengirim ke Dinkes Tingkat II untuk diverifikasi dan disahkan


8
Menyusun SPJ dari data yang ada atas realisasi penggunaan dana jamkesmas



Menyusun dan membendel semua bukti-bukti pengeluaran



Mengirim ke Dinkes Tingkat II untuk diverifikasi dan disahkan



Menghitung dan membayar pajak anggaran jamkesmas


9
Pemeriksaan  terhadap arus dan penggunaan dana jamkesmas yaitu dengan cara mencocokkan pengeluaran di buku kas umum dengan bukti-bukti pengeluaran dan laporan kegiatan


10
Melaporkan administrasi keuangan Jamkesmas kepada Kepala Puskesmas secara rutin
TUGAS INTEGRASI
:
1
Membantu TU dalam pengetikan naskah surat-surat menyurat





NAMA
:
      INDIATI WAHYUNINGSIH
NIP
:
19700901 199003 2 004
JABATAN
:
BIDAN KOORDINATOR
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan (membantu) Kepala Puskesmas dalam menyelenggarakan kegiatan KIA dan KB Puskesmas
TUGAS POKOK
:
1
Memberikan pelayanan KIA


2
Memberikan pelayanan kontrasepsi KB


3
Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pencatatan dan pelaporan program KIA dan KB


4
Membina pelaksanaan posyandu


5
Membina pelaksanaan PKD


6
Kemitraan dengan dukun bayi


7
Melakukan ANC dan PNC di Puskesmas


8
Menyampaikan penyuluhan kesehatan dalam bidang KIA/KB


9
Melakukan konseling, pemeriksaan dan imunisasi pada calon pengantin


10
Mendeteksi dan merujuk bumil dan bayi resiko tinggi


11
Memberi layanan akseptor alat KB invisif (AKD dan AKBK)


12
Otopsi verbal kematian ibi hamil, ibu bersalin, bayi dan balita


13
Pencatatan dan Pelaporan


14
Menerima laporan dari Bidan desa


15
Merekap dan membuat laporan


16
Melaporkan kegiatan program kepada Kepala Puskesmas
TUGAS INTEGRASI
:
1
Melaksanakan kegiatan perbaikan gizi, PNC


2
Mengevaluasi hasil kegiatan untuk peningkatan kesehatan keluarga secara keseluruhan


3
Memberikan penyuluhan dalam kegiatan lints sector terkait KIA dan KB


4
Membuat laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan


5
Melakukan akan tugas lain yang diberikan oleh atasan


6
Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja dan Tim Perencanaan Puskesmas





NAMA
:
EKO ADI PRASETYO
NIP
:
19631122 198412 1 002
JABATAN
:
SANITARIAN
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan Upaya Kesehatan Lingkungan di wilayah kerja Puskesmas Sukosari
TUGAS POKOK
:
1
Kesehatan Lingkungan



a
Mengubah, mengendalikan atau menghilangkan semua unsur fisik dan lingkungan yang memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan masyarakat



b
Menyusun rencana program kesling



c
Melakukan pendataan sasaran program kesling



d
Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang penggunaan air bersih



e
Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang jamban keluarga



f
Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat penyediaan SPAL yang baik



g
Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang rumah sehat



h
Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang pemberantasan sarang nyamuk



i
Pengawasan dan pembinaan higine TTU, TPM, TP3 pestisida, depo air minum



j
Fasilitator program STOPS



k
Pencatatan, pelaporan dan evaluasi



l
Mengevaluasi hasil kegiatan pembinaan kesehatan lingkungan secara keseluruhan



m
Mencatat hasil kegiatan program kesehatan secara keseluruhan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala Puskesmas



n
Membuat laporan kegiatan rutin yang diserahkan ke Dinas Kesehatan


2
Promosi Kesehatan



a
Menyusun rencana kegiatan promosi kesehatan berdasarkan data program Puskesmas sebagai pedoman kerja



b
Melaksanakan kegiatan promosi kesehatan meliputi :




1)
Penyuluhan kesehatan




2)
Pembinaan Peran Serta Masyarakat (PSM) dan UKBM




3)
Pembinaan PHBS




4)
Membuat pencatatan dan Pelaporan kegiatan Promosi Kesehatan
TUGAS INTEGRASI
:
1
Bendahara gaji



a
Membuat usulan gaji pegawai setiap bulan ke Dinas Kesehatan



b
Mengambil gaji ke Dinas Kesehatan



c
Mendistribusikan gaji pegawai setiap bulan




Mengerjakan administrasi terkait penggajian pegawai


2
Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja Puskesmas


3
Melaksanakan tugas sebagai Tim perencanaan Puskesmas


4
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Puskesmas





NAMA
:
NINA DWI RISTANTI
NIP
:
198009072008012017
JABATAN
:
PETUGAS SURVEILANCE
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan kegiatan program kesehatan di Puskesmas
TUGAS POKOK
:
1
Surveilans



a
Pengelola program P2 potensi wabah :




1)
Pemantauan, pelaporan jumlah penyakit tidak menular yang ditangani Puskesmas




2)
Pemantauan, pelaporan dan tindak lanjut adanya penyakit berpotensi wabah (sesuai form W2)




3)
Berkoordinasi dengan petugas surveilance untuk melakukan PE




4)
Merenca­nakan dan menggerakkan tindakan Fogging



b
Pencatatan dan pelaporan



c
Melaksanakan kegiatan penyelidikan epidemiologi pada kasus-kasus penyakit menular



d
Secara aktif melakukan pemeriksaan PE pada wilayah-wilayah tertentu yang merupakan endemis penyakit menular yang potensial terjadi KLB



e
Aktif melakukan penyuluhan dalam penanggulangan KLB



f
Mengkoordinasi regu pemberantasan penyakit menular



g
Mengkoordinasikan, monitoring dan evaluasi kegiatan penyelidikan epidemiologi



h
Mengumpulkan, mengolah dan melaporkan data yang di dapat dari pemegang masing-masing program P2



i
Aktif melakukan penyuluhan dalam pencegahan penyakit



j
Penanggulangan KLB


2
Petugas Imunisasi



a
Mempersiapkan perlengkapan imunisasi



b
Menyelenggarakan dan memonitoring cold chain



c
Membantu melakukan imunisasi pada bayi dan calon pengantin di Puskesmas



d
Pemantauan, pelaporan dan tindak lanjut adanya KIPI dan PD3I



e
Penyuluhan khususnya sebagai motivator imunisasi



f
Melaksanakan kegiatan Imunisasi di Posyandu



g
Mengkoordinir pelaksanaan BIAS



h
Melakukan monitoring dan sweeping paska BIAS



i
Pencatatan dan pelaporan



j
Mengolah, menganalisis dan menyimpan data kegiatan program
TUGAS INTEGRASI
:
1
Perawat di Ruang Pengobatan



a
Melakukan persiapan alat dan kebersihan



b
Melakukan anamnese dan mencatat di kartu pasien



c
Membantu memeriksa dan melakukan pengobatan pasien atas supervisi dokter



d
Melakukan tindakan keperawatan



e
Mencatat di buku register pasien dan administrasi pelayanan rawat jalan



f
Membuat surat sehat dan surat rujukan



g
Penyuluhan dan edukasi pasien



h
Membuat laporan pelaksanaan tugas



i
Menghadiri pertemuan


2
Bendahara Askes


3
Membantu pengadministrasi BOK


4
Sebagai Tim UKS





NAMA
:
DEVI ERRIKA FITRIAYUANA
NIP
:
19850628 201001 2 029
JABATAN
:
PETUGAS GIZI
FUNGSI POKOK
:
Membantu Kepala Puskesmas dalam menyelenggarakan kegiatan Perbaikan Gizi masyarakat
TUGAS POKOK
:
1
Menyusun rencana kegiatan peningkatan gizi masyarakat berdasarkan data program puskesmas


2
Menyusun rencana kegiatan peningkatan gizi masyarakat berdasarkan data program puskesmas


3
Melaksanakan kegiatan peningkatan gizi masyarakat meliputi:



a
Upaya Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)



b
Penanggulangan Gizi Kurang dan Gizi Buruk



c
Penanggulangan Anemia Gizi Besi (AGB)



d
Penanggulangan GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium)



e
Penanggulangan defisiensi vitamin A. Sasarannya adalah : Bayi, Balita dan Ibu Nifas



f
SKPG (Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi)



g
Pengembangan Pojok Gizi dengan penyuluhan diet kepada pasien rawat jalan


4
Mengevaluasi hasil kegiatan peningkatan gizi masyarakat


5
Pencatatan dan pelaporan


6
Melaporkan kegiatan program kepada Kepada Kepala Puskesmas secara Rutin
TUGAS INTEGRASI
:
1
Bendahara BOK


2
Mengolah dan menganalisa data hasil pencatatan dan pelaporan di Puskesmas


3
Penanggung jawab perencanaan dan pelaporan di Puskesmas


4
Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja Puskesmas


5
Melaksanakan tugas sebagai Tim Perencanaan Puskesmas




NAMA
:
DHINTA KRISNAWATI
NIP
:
WIYATA BAKTI
JABATAN
:
FISIO TERAPI
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan Fisio Terapi di Puskesmas
TUGAS POKOK
:
1
Melakukan diagnosa, analisa masalah kesehatan pasien untuk kemudian melakukan perawatan dengan terapi



2
Melakukan penyembuhan pasien dengan menggunakan panas, gelombang ultrasonik, dan terapi latihan menggunakan IR (Infra merah), TENS (Trans Electrical Nerve Stimulation) dan tangan untuk terapi latihan atau manual terapi


3
Menyebarkan pengetahuan tentang keselamatan kesehatan pada pasien (memberikan edukasi pada pasien)


4
Melakukan perawatan pada alat – alat fisioterapi
TUGAS INTEGRASI
:
1
Membuat laporan kunjungan pasien per bulan


2
Membantu loket






NAMA
:
ETI TRI SETYAWATI
NIP
:
19631120 198803 2 007
JABATAN
:
PERAWAT RUANG PENGOBATAN
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan asuhan keperawatan pasien
TUGAS POKOK
:
1
Perawat di Ruang Pengobatan



a
Melakukan persiapan alat dan kebersihan



b
Melakukan anamnese dan mencatat di kartu pasien



c
Membantu memeriksa dan melakukan pengobatan pasien atas supervisi dokter



d
Melakukan tindakan keperawatan



e
Mencatat di buku register pasien dan administrasi pelayanan rawat jalan



f
Membuat surat sehat dan surat rujukan



g
Penyuluhan dan edukasi pasien



h
Membuat laporan pelaksanaan tugas



i
Menghadiri pertemuan


2
Pengelola Kusta



a
Menyusun rencana kegiatan P2 kusta berdasarkan data program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman



b
Melaksanakan kegiatan P2 kusta meliputi penemuan dini, pengobatan penderita kusta, pemeriksaan kontak penderita kusta, pemeriksaan anak sekolah, penyuluhan kusta dan koordinasi lintas program terkait sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku



c
Mengevaluasi hasil kegiatan P2 kusta



d
Membuat catatan laporan



e
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan



f
Membantu memeriksa pasien kusta



g
Melakukan edukasi pencegahan cacat dan penanganan reaksi kusta atas perintah dokter



h
Mencatat di register pasien kusta



i
Melaksanakan tugas administrasi pelayanan pasien kusta



j
Kunjungan rumah dan pemantauan pasien



k
Survei kontak penderita kusta secara aktif



l
Pemantauan penderita RFT



m
Penyuluhan dan edukasi pasien



n
Melaporkan kegiatan kepada Kepala Puskesmas
TUGAS INTEGRASI
:
1
Pengelola UKS


2
Melaksanakan tugas sebagai Tim perencanaan Puskesmas


3
Melaksanakan tugas sebagai Komite Mutu Puskesmas






NAMA
:
MURMINI
NIP
:
19690504 199003 2 013
JABATAN
:
PERAWAT RUANG PENGOBATAN
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan asuhan keperawatan pasien
TUGAS POKOK
:
1
Perawat di Ruang Pengobatan



a
Melakukan persiapan alat dan kebersihan



b
Melakukan anamnese dan mencatat di kartu pasien



c
Membantu memeriksa dan melakukan pengobatan pasien atas supervisi dokter



d
Melakukan tindakan keperawatan



e
Mencatat di buku register pasien dan administrasi pelayanan rawat jalan



f
Membuat surat sehat dan surat rujukan



g
Penyuluhan dan edukasi pasien



h
Membuat laporan pelaksanaan tugas



i
Menghadiri pertemuan


2
Program TB Paru



a
Melakukan pengambilan sampel dahak suspek TBC



b
Membantu memeriksa pasien TBC



c
Melakukan pengobatan pasien TBC atas supervisi dokter



d
Melaksanakan tugas-tugas administrasi pelayanan pasien TBC   di TB 01, TB 02, TB 03, TB 05 dan TB 06



e
Penemuan suspek TBC secara pasif



f
Kunjungan rumah pasien yang mangkir dan drop out



g
Penyuluhan dan edukasi pasien



h
Mengevaluasi hasil kegiatan secara menyeluruh



i
Melaporkan kegiatan kepada Kepala Puskesmas


3
Program P2 ISPA



a
Menyusun rencana kegiatan P2 ISPA



b
Melaksanakan kegiatan pertemuan, pengobatan dini, penyuluhan dan koordinasi lintas program



c
Mengevaluasi hasil kegiatan P2 ISPA secara keseluruhan



d
Membuat catatan kegiatan dan laporan kegiatan



e
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan



f
Melaporkan kegiatan kepada Kepala Puskesmas
TUGAS INTEGRASI
:
1
Program Usila


2
Melaksanakan tugas sebagai Tim Komite Mutu


3
Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja Indikator Proses



Melaksanakan tugas sebagai Tim Peningkatan Kinerja Puskesmas



Melaksanakan tugas sebagai Tim Perencana Puskesmas





NAMA
:
DITA WERDANINGTIYAS
NIP
:
PERAWAT PONKESDES
JABATAN
:
PERAWAT RUANG PENGOBATAN
FUNGSI POKOK
:
Melaksanakan asuhan keperawatan pasien dan keluarga
TUGAS POKOK
:
1
Perawat di Ruang Pengobatan



a
Melakukan persiapan alat dan kebersihan



b
Melakukan anamnese dan mencatat di kartu pasien



c
Membantu memeriksa dan melakukan pengobatan pasien atas supervisi dokter



d
Melakukan tindakan keperawatan



e
Mencatat di buku register pasien dan administrasi pelayanan rawat jalan



f
Membuat surat sehat dan surat rujukan



g
Penyuluhan dan edukasi pasien



h
Membuat laporan pelaksanaan tugas



i
Menghadiri pertemuan


2
Melaksanakan penyuluhan dan edukasi pasien di ponkesdes


3
Melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan di masyarakat di desa Cekok


4
Melakukan pelayanan di Ponkesdes


5
Mengadakan kegiatan Ponkesdes dan pembinaan masyarakat tentang kesehatan di desa Cekok


6
Melakukan kunjungan rumah di desa Cekok


7
Memberikan laporan tentang hasil kunjungan ke Puskesmas Sukosari


8
Merujuk pasien dengan resiko tinggi


9
Melaksanakan program kesehatan lingkungan


10
Melaksanakan program kesehatan gizi masyarakat


11
Melaksanakan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular


12
Pembinaan dan pengembangan UKBM


13
Melaksanakan kemitraan dengan organisasi kemasyarakatan, LSM, dukun, TOMA dan TOGA serta kesehatan keluarga
TUGAS INTEGRASI
:
1
Menghadiri pertemuan


2
Melakukan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan











By Puskesmas Sukosari ===